Hentai MP3 Player

Senin, 24 Oktober 2011

Perangkat - perangkat internet dalam jaringan lokal


untuk membangun jaringan lokal sehingga dapat terhubung dengan internet perlu disiapkan perangkat keras yang mendukungnya. Perangkat keras jaringan lokal disebut sebagai antarmuka saluran komunikasi. Dalam jaringan lokal perangkat keras yang dibutuhkan adalah sebagai berikut.

1. Network Interface Card (NIC)




NIC yang disebut juga kartu antarmuka jaringan merupakan penghubung yang dipasang pada setiap komputer. pada umumnya, PC sekarang ini telah memiliki NIC yang disebut LAN card onboard. PC yang belum memiliki NIC dapat dipasangkan pada slot ekspansi didalam komputer. Notebook memiliki slot untuk kartu jaringan yang biasa disebut dengan PCMCIA slot. Pada komputer MAC, pemasangan NIC menggunakan kotak khusus yang ditancapkan keport serial atau SCSI port komputer. Kartu jaringan yang banyak digunakan adalah kartu ethernet, konektor localtalk, dan kartu jaringan token ring. pada umumnya, PC menggunakan kartu ethernet. Kartu ethernet memiliki nomor MAC (Media Access Control) sejumlah 48 bit. Nomor MAC adalah nomor unik seperti halnya IP address, sehingga tidak akan ada nomor MAC yang sama pada setiap kartu ethernet. Nomor unik yang terdiri dari 48 bit dikelompokkan menjadi 6 bagian yang masing - masing terdiri dari 8 bit, contohnya 00 00 1B 62 e7. Tiga bagian pertama adalah kode perusahaan pembuat chip ethernet. Kartu ethernet yang ada dibagi menjadi beberapa tipe yaitu :
* 10Base5, tipe kartu ethernet menggunakan kabel koaksial dengan diameter 0,5 inci dan berwarna. Topologi yang digunakan berbentuk bus. Jangkauan jarak maksimum 500 meter. Apabila ditambahkan repeater (penguat) akan dapat mencapai jarak sampai kurang lebih 2,5 km. Kecepatan transmisi data 10 Mbps.
* 10base2, tipe kartu ethernet menggunakan kabel koaksial dengan diameter 5 mm. Topologi yang digunakan berbentuk bus. Jangkauan jarak maksimum 185m dan kecepatan transmisi data 10 Mbps.
* 10baseT, tipe kartu ethernet menggunakan kabel twisted pair. topologi yang digunakan adalah star. Jangkauan jarak maksimum 100 m dan kecepatan transmisi data 100 Mbps.

2. Hub/Konsentrator




Hub berfungsi untuk menyatukan kabel - kabel network dari setiap komputer workstation atau client, server, dan perangkat lainnya, seperti modem. Hub terdiri dari beberapa port atau slot konektor yang telah mempunyai nomor urut. Hub dibagi menjadi dua jenis, yaitu hub pasif dan hub aktif (switch hub). Dalam topologi star, komputer yang menggunakan kabel twisted pair dihubungkan dalam hub. Hub yang beredar dipasaran mulai dari hub port 8, 12, 24, dan 32 dengan konektor RJ-45. Biasanya, hub digunakan untuk topologi star.

3. Kabel




Kabel berfungsi untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya. Kabel yang digunakan memiliki kemampuan atau spesifikasi yang berbeda. Pada umumnya, ada dua jenis ata dua tipe kabel yang digunakan untuk jaringan, yaitu twisted pair yang terdiri dari UTP (Unshielded Twisted Pair) dan STP (shielded twisted pair) serta kabel koaksial yang terdiri dari thick coaxial dan thin coaxial.



4. Konektor




Konektor yang digunakan untuk membuat jaringan adalah konektor RJ- 45 dengan kabel twisted pair dan konektor BNC dengan kabel koaksial. Konektor RJ-45 terdiri dari 8 pin.







5. Router



Router berfungsi untuk menghubungkan jaringan LAN dengan Internet dalam merutekan transmisi antara keduanya. Router menstransmisikan informasi dari satu jaringan ke jaringan lain. Kelebihan router adalah kemampuan mencari jalur yang terbaik dalam mentransmisikan data atau pesan dari alamat asal ke alamat tujuan. Router dapat mengetahui keseluruhan jaringan dengan mencari sisi yang paling sibuk dan juga mampu menarik data dari sisi yang sibuk tersebut sampai bersih (tidak sibuk lagi). Router dapat mengatur jalur sinyal secara efisien, mengatur pesan diantara dua protokol, serta mengatur pesan yang melewati kabel serat optik, kabel koaksial, dan kabel twisted pair.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar